5 Cara Aman Membawa Laptop Saat Bepergian

  • Whatsapp
5-Cara-Aman-Membawa-Laptop-Saat-Bepergian
Foto dari Canva Photos Unlimited

Saat melakukan perjalanan yang berkaitan dengan bisnis, pekerjaan, atau pendidikan, Anda akan membutuhkan laptop untuk mengerjakan berbagai hal yang Anda perlukan. Ukuran laptop yang ringan memang membuatnya menjadi benda yang sangat praktis untuk dibawa kemanapun. Apalagi hari ini sebagian besar pekerjaan berbasis online sehingga membutuhkan laptop sebagai alatnya.

Membawa laptop saat bepergian

Ukuran yang kompatibel dan bobot yang ringan memang memudahkan Anda membawa laptop. Kendati demikian Anda harus tetap mengikuti beberapa cara aman berikut ketika harus membawa laptop dalam perjalanan.

1. Simpan dalam tas khusus

Laptop merupakan barang elektronik yang rentan rusak jika terbentur dengan sesuatu yang keras, sementara selama perjalanan menggunakan kendaraan barang-barang Anda tentu beresiko saling terbentur satu sama lain. Maka, pastikan Anda menyimpan dan membawa laptop dalam tas khusus yang sudah didesain untuk membawa laptop.

Dengan tas khusus yang sudah didesain khusus untuk laptop, laptop Anda bisa lebih aman dari resiko terbentur benda-benda lainnya. Namun Anda juga harus tetap memperhatikan barang-barang Anda dalam tas tersebut. Meskipun laptop sudah berada di posisi yang aman dan terlindungi, lebih baik Anda tidak membawa terlalu banyak barang dalam tas karena hal tersebut bisa beresiko membuat laptop tertekan benda-benda lain.

Selain itu Anda juga harus berhati-hati dalam menaruh atau mengangkat tas yang berisi laptop nantinya. Anda bisa memilih beragam desain dan model tas khusus laptop yang sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan Anda, mulai dari tas jinjing hingga tas gendong.

2. Menggunakannya di tempat yang tepat

Laptop memang didesain untuk bisa praktis Anda gunakan dimana saja. Namun bukan berarti Anda menggunakan laptop di tempat yang tidak aman. Selain membuat Anda bekerja dengan tidak nyaman, menggunakan atau menyalakan laptop di tempat yang tidak tepat juga beresiko membuat laptop mengalami kerusakan.

Misalnya saja menyalakannya ketika Anda berada dalam pesawat yang hendak take off atau menyalakannya di pinggir pantai yang membuat laptop beresiko terkena cipratan air laut.

3. Membawa charger dan steker listrik

Ketika Anda membawa laptop, maka Anda juga harus membawa serta seluruh kelengkapannya, misalnya charger. Melupakan perlengkapan-perlengkapan laptop akan membuatnya mengalami kesulitan nantinya.

Selain charger, ada baiknya Anda juga membawa steker listrik sendiri yang sesuai dengan charger laptop Anda, terutama jika Anda bepergian ke luar negri. Hal ini untuk mencegah colokan listrik yang berbeda di negara yang Anda kunjungi nantinya.

4. Simpan di safe box

Saat Anda harus menginap di perjalanan, Anda akan menginap di hotel dan menyimpan semua barang-barang Anda di kamar. Meskipun hotel Anda pasti menerapkan prosedur keamanan untuk setiap kamar, lebih baik Anda tetap waspada untuk menaruh berbagai barang berharga seperti laptop.

Hotel-hotel biasanya memberikan fasilitas safe box di tiap kamar yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan laptop dan barang berharga lain dengan menggunakan password yang Anda ciptakan sendiri. Dengan menaruhnya di safe box, Anda akan merasa lebih tenang jika harus keluar kamar dan meninggalkan laptop di dalam kamar hotel.

5. Membuat back-up sebelum melakukan perjalanan

Setiap orang tentunya tidak menginginkan terjadinya hal buruk ketika mereka bepergian. Namun ada baiknya Anda tetap waspada sebelum melakukan perjalanan tersebut. Jika Anda membawa laptop, pastikan sebelumnya Anda telah menyimpan data-data penting dalam laptop tersebut ke sebuah perangkat terpisah. Hal ini untuk berjaga-jaga jika terjadi suatu hal pada laptop ketika Anda melakukan perjalanan, misalnya rusak atau hilang.

Itulah beberapa cara aman yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membawa laptop dalam kegiatan perjalanan Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *