5 Tips yang Bisa Anda Terapkan Agar Mainan Si Kecil Lebih Awet

  • Whatsapp
5-Tips-yang-Bisa-Anda-Terapkan-Agar-Mainan-Si-Kecil-Lebih-Awet
Foto dari Canva Pro

Banyak sekali jenis mainan anak yang bisa Anda pilih sesuai usia si kecil. Salah satu mainan yang bisa dijadikan pilihan adalah mobil anak yang bisa dinaiki. Biasanya ukuran mobil jenis ini cukup besar dan membutuhkan perawatan ekstra. Berbeda dengan para orangtua, anak tentu menyukai mobil mainan ini karena bisa dinaiki. Anak dapat berimajinasi seolah benar-benar menaiki kendaraan roda empat tersebut.

Pada usia anak-anak pembelajaran yang tepat adalah dengan bermain sambil belajar. Pendekatan tersebut membutuhkan media agar hasilnya optimal. Salah satu medianya adalah mainan, inilah mengapa mainan cukup berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Agar Mainan Anak Lebih Awet

Si kecil pasti memiliki mainan lebih dari satu dengan beragam bentuk dan model. Agar mainan tidak mudah rusak, orangtua harus merawatnya dengan benar. Keuntungan lain menjaga dan merawat mainan adalah dapat digunakan dalam jangka waktu panjang  sehingga menghemat pengeluaran. Langsung saja berikut ini 5 tips menjaga mainan anak tetap awet:

1. Membuat tempat khusus mainan anak

Sebaiknya Anda menyiapkan tempat khusus untuk penyimpanan semua mainan milik si kecil. Ini akan membuat mainan anak lebih rapi, mudah dicari, tidak berserakan dan tidak berpeluang terinjak. Mengumpulkan mainan-mainan dalam satu tempat dapat memudahkan Anda mengecek jumlahnya. Selain itu, Anda juga dapat mengajari anak menjadi mandiri dengan mengambil mainannya di tempat khusus mainan.

2. Rutin membersihkan mainan

Mainan juga harus dibersihkan secara rutin, seperti seminggu 1 kali atau 2 kali. Jangan lupa selalu melihat petunjuk membersihkan yang tertera di kardus mainan. Jadi setiap mainan memiliki cara membersihkan berbeda-beda antara satu dan yang lain.

Misalnya mainan mobil anak yang bisa dinaiki yang terbuat dari plastik atau bahan keras dapat dibersihkan dengan sabun dan air panas. Kemudian dibilas lagi dengan air biasa dan dikeringkan.

Cara mudah membersihkan mainan adalah mencuci kemudian mengeringkannya. Namun tidak semua mainan dapat dicuci, seperti mainan listrik dan mainan yang membutuhkan baterai. Anda juga dapat menambahkan semprotan disinfektan untuk mainan agar lebih higienis.

3. Tidak membuang kardus mainan

Terkadang para orangtua menganggap kardus asli mainan tidak berguna lantas dibuang begitu saja. Padahal kardus mainan tersebut dapat digunakan untuk menyimpan mainan yang selesai digunakan anak.

Memanfaatkan kardus mainan sebagai penyimpanan dapat membuat lebih rapi dan terhindar dari debu. Tidak membuang kardus mainan juga berpotensi menjaga harga jual mainan tidak turun drastis.

4. Menyortir mainan

Anak-anak belum mampu mengklasifikasikan dan memilih mainan yang sudah rusak atau layak pakai. Di sini peran orangtua menjadi sangat penting untuk penyortiran mainan. Tidak perlu berpikir lama saat mengetahui ada mainan si kecil yang sudah rusak. Pasalnya, mainan rusak juga berbahaya bagi anak misalnya dapat menyakiti dan melukai anggota tubuhnya.

5. Mengajari anak menggunakan mainan sesuai fungsinya

Orangtua harus mengajarkan anak-anak tentang fungsi setiap mainan yang dimiliki. Contohnya, mobil-mobilan dan remote control berfungsi sebagai simulasi berkendara menggunakan mobil. Sedangkan peralatan masak digunakan untuk menggambarkan kegiatan memasak di dapur.

Semoga 5 tips di atas dapat membantu Anda merawat dan menjaga mainan milik anak. Apalagi untuk jenis mobil anak yang bisa dinaiki membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam merawatnya. Namun jangan khawatir, ada banyak manfaat yang bisa diambil dari mainan tersebut bagi buah hati Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *