Tips Work From Home yang Nyaman dan Efektif di Tengah Pandemi Corona

  • Whatsapp
Tips-Work-From-Home-yang-Nyaman-dan-Efektif-di-Tengah-Pandemi-Corona
Foto dari Canva Photos Unlimited

Saat pandemi corona, banyak perusahaan ditutup untuk memberikan kesempatan semua karyawannya di rumah saja demi mencegah penularan virus. Namun bukan berarti Anda libur kerja karena pekerjaan tetap bisa dilakukan dari rumah. Work from home menjadi opsi yang dijalankan untuk tetap bisa produktif namun terhindar dari penularan virus covid19. Kini sudah banyak karyawan yang bekerja dari rumah dengan memanfaatkan berbagai teknologi khususnya teknologi internet. Meski tentu saja banyak kesulitannya, namun dengan tips-tips berikut, wfh tetap bisa dilakukan dengan efektif sekaligus menyenangkan:

1. Memiliki alat komunikasi yang dibutuhkan.

Saat melakukan pekerjaan, tentu Anda tidak bisa melakukannya tanpa berkoordinasi dengan rekan kerja yang lain atau atasan. Untuk bisa melakukannya dengan baik, Anda memerlukan smartphone, laptop dan koneksi internet. Pakailah aplikasi video conference yang tepat jika ingin melakukan rapat atau berkomunikasi dengan beberapa orang sekaligus. Anda juga bisa melakukan transfer file secara digital untuk berbagi berkas yang dibutuhkan. Gunakan teknologi dengan maksimal untuk tetap bekerja secara efektif di rumah.

2. Menjaga kebersihan rumah.

Saat bekerja di rumah dan sering melakukan video conference, tentu latar belakang video Anda adalah suasana rumah. Agar percaya diri, rajinlah membersihkan rumah sehingga saat tiba-tiba rekan Anda mengajak video call dapat langsung diterima dengan percaya diri.

3. Membantu fokus.

Saat berada di kantor tentu Anda bisa bekerja dengan lebih fokus dibandingkan di rumah apalagi jika Anda seorang wanita. Di rumah, ada anak yang juga libur sekolah dan mungkin juga ada pasangan yang sama-sama wfh. Untuk membantu Anda lebih fokus pada pekerjaan, sebaiknya tetapkan jam kerja misalnya dari pukul 10 hingga 2 siang. Di saat tersebut, hindari pekerjaan rumah ataupun gangguan anak-anak dengan cara memberi mereka kesibukan dengan pasangan. Atur jam kerja yang berlainan dengan pasangan sehingga dapat bergantian menemani anak-anak.

4. Tidak bekerja sambil tiduran.

Di rumah tentu ada tempat tidur yang nyaman dan bisa saja menjadi tempat kerja Anda jika tak ada tempat lain yang aman dari gangguan anak-anak. Namun hindari bekerja sambil rebahan karena akan meningkatkan rasa ngantuk. Akibatnya pekerjaan Anda justru tidak selesai-selesai karena ingin tidur.

5. Jangan stress.

Kelola waktu dengan baik antara pekerjaan dan mengurus rumah tangga serta menemani anak dan pasangan. Jangan membuat ini menjadi beban pikiran tersendiri karena akan mengakibatkan stress yang menurunkan sistem kekebalan tubuh yang justru berbahaya saat pandemi corona.

6. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

Meski Anda melakukan work from home, namun tidak selalu membuat pekerjaan berkurang. Bisa saja justru bertambah karena Anda akan mengerjakannya saat berada di rumah bersamaan dengan pasangan dan anak-anak. anak dan pasangan juga membutuhkan perhatian dengan tugas-tugas mereka dari kantor atau sekolah. Untuk memberi stamina lebih jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

Bagi siapa saja yang work from home di tengah wabah pandemi corona ini, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan. Jangan membebani pikiran dan tubuh Anda melebihi yang seharusnya. jika Anda mengalami gejala penyakit, tak perlu panik karena Anda bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Jika harus memeriksakan diri secara langsung, gunakan juga aplikasi Halodoc untuk melakukan janji temu dengan dokter sehingga Anda tidak perlu menunggu lama di rumah sakit dan bisa segera pulang ke rumah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *